Selasa, 09 November 2010

Sistem Informasi Akintansi (Tugas2)

1. Dibioskop ada seseorang pegawai yang biasanya bertanggung jawab untuk memberikan karcis & menerima uang, sementara pegawai lainnya mengumpulkan karcis saat penonton memasuki bioskop. Apa alasan kegiatan ini?
jawab:
Alasan dari aktifitas diatas yaitu, untuk mencegah pegawai yang bertugas memberikan karcis & menerima uang memiliki pengendalian penuh atas seluruh aspek transaksi bisnis pada bioskop tersebut. Pembagian tugas pada kegiatan diatas dapat membantu penjagaan aset, karena setiap pegawai dapat melihat dan membatasi tindakan pegawai lainnya. Pemisahan tugas yang efektif akan mempersulit seorang pegawai untuk dapat mencuri uang tunai atau aset lainnya. Karena pemisahan tugas dan penjagaan yang tidak memadai akan membuka peluang untuk pencurian atas aset organisasi dan pegawai lainnya mengumpulkan karcis agar penonton yang akan memasuki bioskop akan terkontrolnya penempatan duduk dan penonton akan merasakan kenyamanan akan fasilitas bioskop tersabut.

2. Nilai suatu informasi sama dengan selisih antara keuntungan yang didapat dari pemakaian informasi dengan biaya untuk menghasilkannya. Apakah Anda atau organisasi manapun akan memproduksi sesuatu informasi jika perkiraan biayanya melebihi manfaatnya? berikan beberapa contoh!
jawab:
Organisasi manapun tidak akan memproduksi suatu informasi apabila biaya yang dikeluarkan melebihi dari manfaatnya, Karena semua perusahaan berusaha ingin mendapatkan untung sebesar-besarnya demi kelangsungan perusahaan tersebut.
contoh :
seseorang akan membuka salon. Salon tersebut membuat perencanaan tempat dan daftar biaya peralatan yang dibutuhkan, salon itu menghitung semua keuangan pembelian peralatan salon sampai pembukaan salon Dan salon tersebut menghitung semua keuntungan yang didapat dari fasilitas yang terdapat pada salon tersebut, Jika salon tersebut mendapatkan keuntungan lebih besar dari pada modal maka salon tersebut mendapatkan untung dan keuntungan itu disebut sebagai nilai suatu informasi yang berguna bagi si pembaca agar mempunyai ide-ide baru untuk memulai usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar